Sabtu, 21 Januari 2017

Contoh Pidato Singkat Yang Baik dan Benar

BAYMAX02.NET - Pidato merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk berbicara di depan umum dan biasanya pidato bisa dilakukan saat acara formal maupun non formal. Pidato dari segi bahasa merupakan penyampaian gagasan, informasi dan pikiran kepada orang banyak.Tujuan pidato yaitu meyakinkan pendengar tentang isi dari sebuah pidato yang disampaikan dan sebagai kata sambutan atau pembukaan pada suatu acara. Dalam melaksanakan pidato di depan umum harus menimalisir penyampaian informasi yang akan di sampaikan, maka untuk menimalisir hal tersebut bisa diatasi dengan membawa naskah pidato. Bisa juga dengan mencari refrensi contoh pidato yang baik dan benar, dimana salah satunya anda temukan disini.

Pidato dibedakan menjadi dua yaitu pidato singkat dan pidato panjang. Kebanyakan orang menyukai pidato singkat karena isinya mudah untuk disimak dan dimengerti, juga tidak bertele-tele. Selain itu hal yang harus di perhatikan dalam berpidato yaitu pembawaan dari pembicara yang harus bisa membawakan suasa yang nyaman sehingga pendengar tidak bosan mendengarkan pidatonya. Salah satu tokoh yang mempunyai kualitas pidato yang baik adalah Anies Baswedan, dimana ketika berpidato di depan umum beliau sangat tenang dan membawakan isi pidatonya dengan bahasa bahasa yang mudah di mengerti oleh banyak orang.
Contoh Pidato
Contoh Pidato Yang Baik dan Benar
Dalam pembuatan pidato ada hal hal yang haru di perhatikan yaitu gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD agar orang lebih dapat memahami pidato yang disampaikan, dan sampaikan garis besar atau inti kegitan yang ingin disampaikan pada pidato tersebut. Karena kualitas pidato yang baik bukan hanya dilihat dari kalimatnya saja namun pembicara harus juga mimiliki karisma dan penampilan yang baik agar orang bisa menghargainya. Maka untuk itu kami berikan contoh pidato singkat yang baik dan benar.

Contoh Pidato Singkat Yang Baik dan Benar 

Assalamualaikum Wr. Wb
Yang terhormat kepala sekolah SMAN 1 Bogor
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha
Dan teman-teman yang saya cintai

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia acara "Stop Smoking" dalam rangka menyambut hari tanpa tembakau sedunia yang jatuh pada tanggal 31 mei setiap tahunya, yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok ini menjadi benar-benar bisa menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya.

Teman-teman sekalian yang saya hormati,
Bukan menjadi sebuah rahasia lagi dan tidak harus dupungkiri lagi bahwa dikalangan para perokok sebetulnya sudah mengetahui dan merasakan dampak dari bahaya merokok, namun mereka seolah tidak tahu menahu tentang hal tersebut. Padahal, asap rokok dalam penelitian terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit. Artinya, saat berbagai negara-negara berkembang memperketat peraturan tentang rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati,
Meskipun sudah banyak peraturan dan larangan yang telah diberlakukan, misalnya “Larangan Merokok Ditempat Umum”, tapi banyak para perokok yang tidak mentaati peraturan yang telah berlaku tersebut, oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang baik dan juga peduli akan kesehatan, marilah kita wujudkan masyarakat yang hidup sehat tanpa rokok dengan diawali dari diri kira sendiri.

Rekan-rekan sekalian,
Berbicara soal dampak yang diakibatkan dari asap rokok yang terhirup oleh orang-orang disekitar kita, marilah kita lihat nasib kaum ibu yang bersuamikan perokok agaknya tak berbeda jauh dengan anak-anak yang memiliki keluarga perokok. Penelitian menyimpulan bahwa dari 50 wanita, 43 di antaranya berisiko terkena kanker paru-paru apabila menghirup asap rokok. Maka dari itu, bila kita sayang dengan diri kita dan juga orang-orang yang ada disekitar, marilah kita buat peraturan-peraturan agar diri kita sendiri dan untuk orang-orang yang berada disekitar kita agar terbebas dari dampak yang diakibatkan oleh diri kita sendiri.

Terakhir, karena waktu yang sangat terbatas, saya ucapkan terima kasih kepada panita yang telah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan pidato yang singkat ini. Semoga kedepannya kegiatan hari bebas tembakau sedunia ini, bisa menjadikan pengingat lagi kepada masyarakat tentang bahaya rokok dan pentingnya sebuah kesehatan.

Semoga pidato yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya tentang bahaya dari sebuah rokok. Mohon maaf jika ada kesalahan dari saya dan kata kata yang menyakiti hati kalian.

Wassalamu alaikum wr. wb.

Contoh Pidato Singkat Yang Baik dan Benar mungkin bisa anda gunakan untuk sebagai rujukan untuk keperluan tugas atau untuk melaksanakan pidato di depan umum. Jangan lupa untuk menyiapkan segala hal yang diperlukan, dan tetap berlatih rutin untuk melatih mental anda bicara di depan umum. Demikian artikel tentang Contoh Pidato Singkat Yang Baik dan Benar, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Terima Kasih.

Contoh Pidato Singkat Yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifki Fathurrahman
 

Top