Selasa, 14 Februari 2017

Kumpulan Pantun Lucu Jenaka Ngakak Asli!

BAYMAX02.NET - Pantun merupakan sebuah bentuk puisi lama yang terdiri dari 8 sampai dengan 12 suku kata dan pantun juga merupakan budaya asli Indonesia yang perlu kita lestarikan akan keberadaanya. Pantun yang berasal melayu akhirnya diresmikan menjadi sastra nasional karena pemerinta Indonesia merupakan negara yang berumpun melayu dasar sehingga tahu betul betapa dalam budaya tersebut mengakar di berbagai lapisan kehidupan berbangsa dan bernegara. Tepatnya pada tahun 1995 lewat kurikulum 95, pantun menjadi salah satu sub pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Pantun mempunyai aturan pola dalam penulisannya yaitu dengan akhiran pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b atau a-b-b-a). 

Jika membicarakan pantun memang terdapat banyak jenis kategorinya dari pantun sendiri yang sangat dikenal oleh orang Indonesia. Adapun jenis kategori pantun yang sangat disukai oleh banyak orang merupakan pantun lucu atau pantun jenaka karena selain dapat menghibur dan menyenangkan, pantun yang satu ini membuat pendengarnya tidak bosan untuk mendengarkannya. Ketika orang-orang sedang berkumpul dengan pikiran yang lelah dan letih, pantun bisa menjadi candaan yang bisa menghibur dan menenangkan pikiran orang sekitar kalian. Bercanda adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang agar hidup tak selalu serius dan juga membuat otak syaraf kalian menjadi lebih refresh dalam menjalankan aktivitas.
Pantun Lucu
Kumpulan Pantun Lucu Jenaka
Pantun lucu menjadi hal yang lagi naik daun karena banyak acara televisi yang menggunakannya menjadi bahan lucu-lucuan untuk menaikan ratingnya dan juga pantun merupakan ciri khas dari orang betawi. Mungkin banyak orang ingin membuat pantun namun kesulitan dalam membuat pola dan suku katanya. Kami dari baymax02.net akan membantu sahabat semua dengan memberikan inspirasi dari kumpulan pantun lucu jenaka yang kami sajikan dibawah ini.

Kumpulan Pantun Lucu Jenaka Ngakak Asli!

Buah semangka buah duren
Nggak nyangka gua keren

Buah melon buah rambutan
itu kumis apa hutan...

burung perkutut
burung kutilang
kamu kentut
gak bilang bilang

Buah kedongdong rasanya manis
walo muka kayak gerandong, yang penting artis

burung gelatik diatas kayu kopong 
biar cantik sayang giginya ompong

Minum sekuteng ditemenin kue cucur
gue ganteng tapi lu ko ancur

Naek ojek gak pake aki
Elu ngaca, banyak daki

Ada kera makan permen
biar item tapi keren

Buah semangka isinya emas,
buah ajaib kali yah..?

Hujan di jawa, banjirnya di hongkong
jangan ketawa, gigi lo ompong

Jangan takut, 
Jangan kawatir, 
Itu kentut, 
Bukan petir

Berakit-rakit kehulu
Berenang-renang ketepian
Berakit-rakit melulu
Kapan gantian?

Jalan jalan ke ciamis
lihat cewe lagi berbaris
sunggu cantik cewek ciamis
tapi sayang bau amis

Orang mampang nemu kaca
Daun kelor rasa ketan
Liat aja tampang yang baca
Udah kaya kolor setan

Buah pepaya, Buah bengkoang, 
Buah jambu, Buah kedondong, 
Ngerujak dooooooooonggggggg

Rumahmu dari kayu
Atapnya dari jerami
Rupamu sungguh ayu
Tapi sayang jarang mandi

Seorang anak bernyanyi ria
Sambil bernyanyi menari pula
Siapa yang tidak bakal tertawa
Disangka waras ternyata gila

Demikian Kumpulan Pantun Lucu Jenaka Ngakak Asli! yang bisa membuat sahabat pembaca semua tertawa ngakak dan membuat suasana tidak tegang. Lestarikan pantun di kehidupan kita semua dan jangan sampai kita tenggelam oleh teknologi yang semakin berkembang. Kalau bukan kita yang melestarikannya, lalu siapa lagi ? Maka dari itu kesadaran terhadap budaya diperlukan oleh masing-masing orang. Semoga informasi di atas bisa menambah ilmu pengetahuan kalian dan bisa menjadi bahan candaan yang bisa membuat kumpul lebih asyik lagi. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lain dan terima kasih.

Kumpulan Pantun Lucu Jenaka Ngakak Asli! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifki Fathurrahman
 

Top