Selasa, 15 Agustus 2017

Pengertian & Contoh Paragraf Induktif Lengkap

BAYMAX02.NET - Paragraf induktif merupakan sebuah pola penulisan paragraf yang mana kalimat utamanya berada tepat di akhir paragraf atau suatu paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa khusus dimana mencangkup kesimpulan umum dari semua peristiwa khusus. Sebenarnya inti dari sebuah paragraf induktif agar mudah di mengerti yaitu kalimat utama dari sebuah paragraf berada di akhir. Jika kita meninjau pengertiannya dari kamus besar bahasa Indonesia, yaitu khususnya di induktifnya. Induktif berarti bersifat induksi, sedangkan induksi merupakan metode pemikiran yang bertolak dari kaidah khusus untuk menentukan hukum yang umum atau penarikan kesimpulan yang berdasarkan keadaan khusus untuk diperlakukan secara umum.

Berikut beberapa ciri-ciri paragraf induktif yang bisa membantu kalian dalam menentukan sebuah paragraf.

1. Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus
2. Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung gagasan utama
3. Gagasan Utama terdapat pada kalimat utama
4. Menemukan Kalimat Utama, Gagasan Utama, Kalimat Penjelas
5. Kalimat utama paragraf induktif terletak di akhir paragraf
6. Kesimpulan terdapat di akhir paragraf
7. Kalimat penjelas terletak sebelum kalimat utama, yakni yang mengungkapkan peristiwa- peristiwa khusus
8. Menarik sebuah kesimpulan berdasarkan sebuah peristiwa khusus
Contoh Paragraf Induktif
Pengertian & Contoh Paragraf Induktif Lengkap
Paragraf Induktif sendiri juga terdiri dari 3 jenis, antara lain :

1. Paragraf Induktif generalisasi adalah suatu pola pengembangan dari sebuah paragraf yang bertolak dari sejumlah fakta khusus yang memiliki kemiripan menuju sebuah kesimpulan. Kalimat terakhir biasanya mengandung gagasan utama dari paragraf tersebut.
2. Paragraf Induktif Analogi merupakan sebuah pola penyusunan paragraf yang berupa perbandingan dari dua hal yang mempunyai sifat sama. Pengembangan dari paragraf secara analogi ini didasarkan adanya anggapan bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi maka akan ada juga ada persamaan dalam hal yang lain.
3. Paragraf Induktif Hubungan Kausal, Hubungan kausal adalah pola penyusunan paragraf dengan menggunakan beberapa fakta yang mempunyai pola hubungan sebab-akibat.

Bagaimana apakah kalian sudah mengetahui unsur dasar dari sebuah paragraf induktif ? Mungkin beberapa dari pembaca sekalian masih bingung dalam penerapannya ke sebuah paragraf, untuk itu langsung saja kami akan memberikan beberapa contoh paragraf induktif yang bisa membantu kalian dalam proses pembuatan.

Contoh Paragraf Induktif 1
      Banyak para pedagang kaki lima yang entah dari mana awalnya, seperti mengelompokkan diri hanya dengan menjual jenis barang tertentu di sebuah trotoar. Setelah itu, trotoar tersebut sekarang menjadi etalase khusus bagi pedagang kaki lima. Bahkan, banyak barang khas trotoar terkenal di Jakarta yang tidak dapat dijumpai di toko-toko resmi. Suasana tersebut menyatakan bahwa banyak trotoar yang akhirnya menjadi terkenal karena penampilanya yang khas.

Contoh Paragraf Induktif 2
   Pada era persaingan dunia kerja di era globalisasi yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai bahasa Inggris atau bahasa Mandarin otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sedangkan sebaliknya, orang yang tidak mempunyai kemampuan bahasa Inggris atau bahasa Mandari peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Hal tersebutlah yang membuat kenapa penguasaan bahasa Inggris dan bahasa Mandarin sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

Contoh Paragraf Induktif 3
     Kita harus bisa membiasakan diri kita untuk hidup sehat. Hidup sehat itu bisa dimulai dari sikap  diri kita yang cermat dalam semua hal. Misalnya, kita harus cermat dan teliti ketika ingin mengkonsumsi suatu produk apapun itu. Kita khususnya sebagai konsumen, harus lah teliti membaca petunjuk penggunaannya atau dengan aturan pakai yang terdapat pada kemasan yang kita akan konsumsi nantinya. Apalagi yang menyangkut halnya dengan sebuah kesehatan, karena kesehatan merupakan hal yang penting dalam hidup kita.

Itulah Pengertian & Contoh Paragraf Induktif Lengkap dimana kalimat utamanya, gagasan utamanya dan juga ide pokoknya berada pada akhir kalimat. Beberapa contoh paragraf diatas bisa menjadi refrensi kalian ketika ingin membuat paragraf induktif dan menjadi sumber ilmu pengetahuan kalian semua yang membacanya. Semoga semua informasi di atas dapat menjadi jawaban bagi para pembaca semua yang sedang mencari informasi paragraf induktif. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lain dan terima kasih telah meluangkan waktunya membaca artikel kami. Sampai jumpa di kesempatan lainnya.

Pengertian & Contoh Paragraf Induktif Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifki Fathurrahman
 

Top