Sabtu, 04 Maret 2017

Contoh Naskah Drama Pendek Lucu Ngakak

BAYMAX02.NET - Drama merupakan suatu cerita yang disusun sedemikian rupa dan merupakan salah satu genre yang paling rumit. Drama ditulis agar nantinya untuk dipentaskan akan tetapi tanpa dipentaskan sekalipun karya drama akan tetap bisa dipahami dan dimengerti, Jika dibandingkan dengan sastra bahasa Indonesia yang lain seperti pantun atau puisi, drama mempunyai tingkat kompleksitasnya tinggi karena di dalam drama terdapat berbagai macam sastra salah satunya puisi yang dibentuk di dalam dialog. Drama ibaratkan sebuah gambaran kehidupan masyarakat pada umumnya yang diceritakan melewati pertunjukan dan disaksikan oleh umum. Dengan melihat sebuah drama ibarat seperti melihat kejadian tersebut di hadapan kita. Namun untuk membuat sebuah drama yang berkualitas tinggi diperlukan latihan yang serius dan dibutuhkan naskah drama yang baik, maka dari itu kami akan membantu kalian dengan memberikan contoh naskah drama.
Contoh Naskah Drama
Contoh Naskah Drama Lucu 
Jika dilihat dari sejarahnya drama sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, karena didasarkan temuan naskah drama kuno di Yunani. Penulis drama tersebut ialah Aeschylus di tahun 525-456 sebelum masehi. Isi dari drama tersebut merupakan persembahan untuk kepada dewa-dewa yang mereka sembah. Sedangkan di Indonesia sendiri juga diawali karena adanya upacara keagamaan yang diselenggarakan oleh pemuka agama. Drama yang identik dengan kesedihan ternyata salah, sebenarnya drama terdapat berbagai jenisnya tergantung penggunaannya. Seperti Komedi (drama dengan kelucuannya), Opera (drama yang dialognya diiringi musik), dan lain sebagainya yang tidak menghilangkan unsur-unsur drama. Maka hal yang terpenting dalam sebuah drama merupakan para pemeran yang bermain dalam sebuah drama. Tak jarang para aktor untuk mendalami sebuah perannya, mereka harus mendalami terlebih dulu contoh naskah drama tersebut.

Trio Ngeselin

Suatu hari di sebuah panti khusus hidup 3 orang sahabat yaitu Ukan sebagai si Tuli, Tria sebagai si buta dan Putu sebagai si bisu. Mereka masih di duduk di bangku SMA dan sutu haru ada seorang murid Amir yang mengunjungi panti tersebut dan mengajarkan PBB. Amir memberi tahu kepada 3 orang sahabat ini agar menggunakan seragam pramuka esok hari untuk melaksanakan PBB. Amir pun memanggil 3 orang sahabat ini :

Amir : "Bagaimana teman-teman? Apakah sudah siap?"
Putu  : ( Bahasa isyarat) " belum kak, tunggu Tria"
Ukan : " Ngomong apa sih kamu? dasar bisu!"

Kemudian datanglah si Tria, Si Putu pun menuntunnya untuk memasuki barisannya. Amir memberikan aba-aba ke semuanya untuk berbaris, Ukan baris di paling depan, Putu di tengah dan Tria berada paling belakang. Tetapi sebelum itu, Amir menghampiri Tria,

Amir : " Kenapa kamu pake baju putih abu?
Tria   : " Ini sudah pramuka tau, gak salah kok?
Amir : " Ini baju putih abu Tria, kok kamu ngeyel sekali ?"
Tria   : " Oh, gitu yah? aku kira ini baju pramuka, maaf ya ! hehe"
Ukan : " Amir kok bercanda sama Tria?
Amir : " Nggk bercanda kok. Baiklah kita mulai, semuanya siaaap geraaak!!!!
Ukan : (Malah hormat)
Putu  : (Menepuk bahu si tuli, (bahasa isyarat) bukan hormat, tapi siap gerak!!
Ukan : " Aduh, kok siap sih? Hormat tau, saya kan paling depan gak mungkin salah dengar!
Amir : " Hey, siap bukan hormat gerak"
Ukan : " Ini sudah hormat tau"
Amir : " Siaaap tau,, ( ke kuping si tuli)
Ukan : " Oh, siaaaap,, bilang dong dari tadi, gimana sih?
Amir : (Menggeleng kepala)
Amir : Okey,  ulangi lagi! siap gerak! lencang depan, gerak!!! (Ukan malah tetap posisi siap.)
Tria   : (Lencang depan, namun tongkatnya yang panjang mengenai punggungnya Putu, sehingga ia pun jatuh ke depan dan tentu saja ikut mendorong si tuli bersama Amir)
Ukan : " Aduuuuhhhh,,,,,, kok saya malah di dorong sih?
Putu  : (Bahasa isyarat) bukan saya,,, tapi kena tongkat si buta itu"
Tria   : " Kok pada ribut kalian? ada yang salah ?
Ukan : " Eh Tria, kamu kok malah dorong kita? pasti tongkat sialan ini nih, (membuang tongkat Tria) bikin susah kita aja!
Tria   : " Eh, kok malah di buang? saya gimana dong?
Amir : " Eh sudah-sudah, ayo kita lanjut!" okey, ehm ehm hadap kanan gerakkk!!! (Ukan malah balik kanan)
Ukan : Ehhh, kalian dengar saya apa gak sih? balik kanan, bukan hadap kanan ? ( Kemudian dia malah menghadapkan tubuh si bisu jadi balik kanan)
Putu  : ( Bahasa isyrat, bukan hadap kanan )
Tria   : "eh Ukan, kamu tuh salah dengar, hadap kanan bukan balik kanan"
Ukan : " Tuh dengar, Tria aja bilang balik kanan"
Tria   : " Kok??"
Amir : " Eh Ukan, hadap kanan bukan balik kanan"
Ukan : " Hah? Apaan?"
Amir : " Hadaap kanan, ( membalikan tubuh si Ukan )"
Ukan : " Loh? kok hadap kanan lagi sih? tadi katanya balik kanan, ragu-ragu nih"
Amir : " Yee, kamu tuh yang tuli. Kita lanjutkan, 3 langkah samping kanan gerak???"
Ukan : ( Malah ke kiri? ) heeyyy,,,, kalian nih tuli yah,,, ke kiri bukannya ke kanan"
Putu  : ( Ke kanan )
Tria   : ( Berjalan pelan-pelan) aduh aduh, sudah 3 langkah ya?"
Ukan : "Woyyyy, ke sini. "
Putu   : (Bahasa isyarat) ke sini,,, kanan!!!!
Amir : " Aduuuhhh, Ukan, kamu susah sekali di atur,  kanan Ukan!!!"
Ukan : "Huh ? dasar semuanya, kok malah saya disalahin ? padahal saya kan udah benar ?"
Amir : " Benar apanya?"
Amir : " Baiklah teman-teman, dengarkan saya,, hadap kiri grak! " kali ini smuanya kompak.
Ukan : (Melihat ke belakang) nah? Gitu donk?
Ukan : "Dari tadi kalian salah mulu, gk denger ya?"
Tria   : "Salah? perasaan dari tadi kamu yang di atur? "
Ukan : "Apaaaa? kamu bilang saya ganteng Tria? terima kasih ya, saya ganteng dari dulu kali, kamunya aja yang gk liat ,oh iya lupa saya, kamu kan buta !"
Tria   : "Loh ? aku gk bilang itu kan.
Ukan : "Haha.. iya ya, mang si Putu nih jelek!"
Putu  : "Lemah"
Tria   : "Lho? kok malah gak nyambung sih?"
Ukan : "Ahh, udaaah, aku gk punya uang kecil !"
Amir : "Kamu nih, sudah tuli, narsis lagi."
Ukan : "Makasih yak Mir"
Amir : "Ah capek deh"
Tria   : "Mir, udah gak usah di dengerin lagi ya, kita lanjut aja dulu'
Amir : "Males, sekarang semuanya ban kempes"
Ukan : (Malah istirahat di tempat)
Putu  : (Bahasa isyarat)"bukan, kita ban kempes, ayo duduk"(menarik tangan si tuli)
Ukan : "Kalian nih kok malah duduk? dasar pemalas!
Tria   : "Aduuh, Ukaaaaaaan, mang kamu ngapain lagi sih itu? kita ban kempes tau"
Ukan : "Istrahat di tempat!"
Amir : "Udah, semuanya berdiri, siap. (menyiapkan si tuli) siaapp!! balik kanan bubar jalan..saya mau istrahat dlu. (pergi sebentar)
Tria    : "Putu, kita duduk di sini saja dulu ya?"
Putu : (Mengangguk) ketika mereka sedang duduk, tiba-tiba si tuli mendorong si bisu
Ukan  : "Kamu jelek-jelekin saya kan tadi?"
Putu   : (Menggleng)
Tria : "Wooyyy, dia gak ngomongin apa-apa kok?"
Putu : (Berdiri & mendorong si Ukan) merekapun sedikit bertengkar, si Tria pun berdiri dan berniat membela si Putuyang benar, namun dia malah memukul si Putu.
Ukan : "Iya Putu, pukul aja dia. "
Tria    : "lho? yang saya pukul Putu yah emang? Maksudnya saya tadi kamu, mana kamu sih, hah?
Ukan : (menghindar) Eh gak kena, gak kena, tiba-tiba. Amir pun datang kembali.
Amir : "Woooyyy, ada apa ini sih?"
Tria    : "Nih, dia yang mulai duluan, si Ukan (tapi malah menunjuk si Putu)
Putu : ( Mengarahkan tangan Tria ke Ukan)
Ukan : "Tadi si Putu ngomongin saya"
Tria    : "Nggak kok, padahal tadi kan kita gak ngomong apa-apa "iya kan Putu?" (tubuhnya malah mengarah ke Ukan)
Putu : (Mengarahkan si Tria dengan benar, dan mangguk)
Amir : "Astaga, Ukaaaann,, kamu inih, bikin ribut aja!
Tria   : "Ayo Putu, kita pergi aja"
Putu : (Ayo pergi) kemudian, mereka meninggalkn si tuli sendiri.
Ukan : Loh, kok malah pergi semuanya ya?  Masa saya tadi di salahin ! Padahal saya kan udah benar. Udah yang satunya bisu, dia tuli lagi. Mana yang satunya lagi dah buta juga tuli lagi. Berarti saya aja yang benar! Ngomong-ngomong ngapain saya sendiri disini, mendingan pergi.

Itulah Contoh Naskah Drama Pendek Lucu Ngakak yang bisa kalian gunakan sebagai refrensi dalam membuat sebuah pementasan drama komedi atau membuat tugas bahasa Indonesia. Kelucuan dari naskah drama tersebut bisa membuat para penontonya tak henti untuk tertawa dan semakin semangat dalam menonton pementasan kalian. Teruslah lestarikan kegiatan-kegiatan positif seperti ini dengan melakukan pementasan drama dari pada kalian membuat hal-hal yang negatif dan membuat masa depan kalian hancur. Semoga informasi yang diatas bisa bermanfaat untuk sahabat pembaca semuanya dan jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian. Sekian pada kesempatan kali ini dan terima kasih.

Contoh Naskah Drama Pendek Lucu Ngakak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifki Fathurrahman
 

Top