Rabu, 15 Maret 2017

Manfaat Daun Kelor & Cara Mengolahnya Dengan Benar

BAYMAX02.NET - Tanaman ini merupakan tanaman yang tidak asing di telinga orang Indonesia karena terkenal dengan segudang manfaat daun kelor. Tanaman yang memiliki nama latin Moringa Oleifera atau daun kelor, merupakan tanaman ajaib yang banyak digunakan masyarakat banyak sebagai obat herbal segala jenis penyakit. Tanaman ini dapat tumbuh antara 7 hingga 11 meter dan terkadang tanaman ini sering dikaitkan dengan hal-hal ghaib. Ciri ciri tanaman kelor yaitu memiliki daun yang berbentuk bulat kecil dan tersusun secara mejemuk di satu tangkai. Tanaman kelora juga memiliki bunga yang berwarna putih kekuningan dengan tudung pelepahnya berwarna hijau dan bunga kelor memiliki wangi yang semerbak. Selain itu tanaman kelor juga memiliki buah yang berbentuk panjang biasanya disebut kelantang dan dimanfaatkan masyarakat sebagai sayuran.

Penelitian daun kelor sudah dilakukan sejak tahun 1980-an dan alhasil banyak yang ditemukan banyak manfaat daun kelor. Pada tahun 1999, seorang peneliti bernaman Fuglie LJ mempublikasikan hasil penelitiannya tentang tanaman kelor di dalam buku karangannya yang berjudul “The Miracle Tree: Moringa oleifera: Natural Nutrition for the Tropics”. Di dalam bukunya ia menyebutkan bahwa tanaman kelor memiliki kandungan kadar nutrisi yang cukup tinggi seperti vitamin C, vitamin A, zat besi, mineral kalsium dan juga protein yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia. Selain itu juga tanaman kelor memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Maka bagi kalian yang penasaran akan manfaat daun kelor, kalian bisa mengkonsumsinya dan sangat aman untuk dikonsumsi.
Manfaat Daun Kelor
Manfaat Daun Kelor & Cara Mengolahnya Dengan Benar
Bagi kalian yang ingin mengkonsumsinya kalian bisa memasaknya, merebus atau juga dikeringkan menjadi bubuk dan digunakan sebagai teh. Jika kalian ingin membuat bubuk daun kelor kalian harus melakukan peneringan di udara, jangan melakukan pengeringan di bawah sinar matahat langsung karena dapat mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. Jadi lakukanlah pengeringan udara dengan cara dijemur dengan hanya terkena angin atau di angin-anginkan. Menurut penelitian dari National Institute of Nutrition bahwa kandungan vitamin A di dalam daun kelor segar setara 4 kali dari wortel, lalu kandungan vitamin C daun kelor mencapat 7 kali lipat dari kandungan vitamin C dalam jeruk. Selain itu kandungan kalsium dalam daun kelor memiliki 4 kali lebih banyak daripada kalsium pada susu dan kandungan lainnya. Bagaimana apakah kalian sudah penasaran dengan daun kelor ? berikut dibawah ini beberapa manfaat dari daun kelor yang bisa membuat badan kita semakin sehat. 

1. Stimulan penambah energi
Banyaknya aktivitas yang dilakukan diri kita membuat terkadang mudah untuk kelelahan. Maka daripada itu kalian bisa mengkonsumsi daun kelor untuk membangkitkan energi diri. Kalian bisa mengkonsumsinya dengan cara menyeduhnya sebagai teh atau merebus daunnya untuk diminum.

2. Menyehatkan sistem pencernaan
Dengan kandungan yang kaya akan nutrisi di dalamnya daun kelor juga kaya akan serat sehinggan sangat baik untuk pencernaan di dalam tubuh kita. Serat di dalam kelor berguna untuk melancarkan dan mengatasi berbagai masalah yang ada di dalam pencernaan seperti perut kembung, diare dan lain sebagainya.

3. Anti Kanker
Banyaknya radikal bebas yang masuk di dalam tubuh kita memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti kanker. Untuk itu daun kelor dapat digunakan untuk menangkalnya karena kandungan antioksidan yang ada di dalam daun tersebut. Selain itu daun kelor juga dapat mencegah pertumbuhan dan reproduksi dari sel-sel pada kanker.

4. Anti Diabetes
Sifat anti diabetes pada daun kelor berasal dari tingginya kandungan seng yaitu semacam mineral yang dibutuhkan untuk produksi insulin, menurut University of Wiconsin LaCrosse. Di dalam studi hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari "Journal of Diabetes" menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi daun kelor 150 mg per kilogram berat badan selama 21 hari dapat memberikan manfaat anti diabetes pada tubuh kita.

5. Sumber Nutrisi
Mengkonsumsi daun kelor setara dengan nutrisi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna dimana baik untuk kesehatan otak dan mata pada tubuh kita. Dimana kandungannya terdapat vitamin A, C, kalsium dan lainnya. Kalian bisa mengkonsumsinya dengan cara merebusnya, memasak, atau juga menjadikan bubuk.

Apakah kalian sekarang tertarik dengan mengkomsumsi daun kelor yang kaya akan manfaatnya ? Namun kalian harus perhatikan bahwa pada tanaman ada yang tidak boleh dikomsumsi yaitu akar tanamannya. Dimana akarnya terdapat zat yang berbahaya dan beracun bagi tubuh kita, sehingga kita harus hati-hati dalam mengkonsumsinya. Demikianlah Manfaat Daun Kelor & Cara Mengolahnya Dengan Benar yang bisa kalian praktikan sendiri-sendiri. Selalu konsumsi bahan herbal yang ada di sekitar kita, jika ada yang lebih murah dan kaya akan nutrisinya kenapa tidak ? Rajinlah selalu mengkonsumsi daun kelor agar mendapatkan khasiat yang diinginkan. Sekian pada kesempatan kali, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kesehatan kita semua. Jangan lupa untuk mengunjungi artikel kami yang lain dan terima kasih.

Manfaat Daun Kelor & Cara Mengolahnya Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifki Fathurrahman
 

Top